pengalaman kerja adalah tingkat penguasaan pengetahuan serta
keterampilan seseorang dalam pekerjaannya yang dapat diukur dari masa kerja dan
dari tingkat pengetahuan serta keterampilan yang dimilikinya.
Pengukuran Pengalaman Kerja
Pengukuran pengalaman kerja sebagai sarana untuk menganalisa
dan mendorong efisiensi dalam pelaksanaan tugas pekerjaan. Beberapa hal yang
digunakan untuk mengukur pengalaman kerja seseorang adalah :
1) Gerakannya mantap dan lancar
Setiap karyawan yang berpengalaman akan melakukan gerakan
yang mantap dalam bekerja tanpa disertai keraguan.
2) Gerakannya berirama
Artinya terciptanya dari kebiasaan dalam melakukan pekerjaan
sehari – hari.
3) Lebih cepat menanggapi tanda – tanda
Artinya tanda – tanda seperti akan terjadi kecelakaan kerja
4) Dapat menduga akan timbulnya kesulitan sehingga lebih
siap menghadapinya
Karena didukung oleh pengalaman kerja dimilikinya maka
seorang pegawai yang berpengalaman dapat menduga akan adanya kesulitan dan siap
menghadapinya.
5) Bekerja dengan tenang
Seorang pegawai yang berpengalaman akan memiliki rasa
percaya diri yang cukup besar. Selain itu ada juga beberapa faktor yang
mempengaruhi pengalaman kerja karyawan.
Beberapa faktor lain mungkin juga
berpengaruh dalam kondisi – kondisi tertentu, tetapi adalah tidak mungkin untuk
menyatakan secara tepat semua faktor yang dicari dalam diri karyawan potensial
.
beberapa faktor tersebut adalah :
1) Latar belakang pribadi, mencakup pendidikan, kursus,
latihan, bekerja. Untuk menunjukkan apa yang telah dilakukan seseorang di waktu
yang lalu.
2) Bakat dan minat, untuk memperkirakan minat dan kapasitas
atau kemampuan seseorang.
3) Sikap dan kebutuhan (attitudes and needs) untuk
meramalkan tanggung jawab dan wewenang seseorang.
4) Kemampuan – kemampuan analitis dan manipulatif untuk
mempelajari kemampuan penilaian dan penganalisaan.
5) Keterampilan dan kemampuan tehnik, untuk menilai
kemampuan dalam pelaksanaan aspek – aspek tehnik pekerjaan.
Ada beberapa hal juga untuk menentukan berpengalaman
tidaknya seorang karyawan yang sekaligus sebagai indikator pengalaman kerja
yaitu :
a. Lama waktu/ masa kerja.
Ukuran tentang lama waktu atau masa kerja yang telah
ditempuh seseorang dapat memahami tugas – tugas suatu pekerjaan dan telah
melaksanakan dengan baik.
b. Tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.
Pengetahuan merujuk pada konsep, prinsip, prosedur,
kebijakan atau informasi lain yang dibutuhkan oleh karyawan. Pengetahuan juga
mencakup kemampuan untuk memahami dan menerapkan informasi pada tanggung jawab
pekerjaan. Sedangkan keterampilan merujuk pada kemampuan fisik yang dibutuhkan
untuk mencapai atau menjalankan suatu tugas atau pekerjaan.
c. Penguasaan terhadap pekerjaan dan peralatan.
Tingkat penguasaan seseorang dalam pelaksanaan aspek – aspek
tehnik peralatan dan tehnik pekerjaan.
Sumber : http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/pengertian-pengalaman-kerja.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar